1 Provinsi 10 Titik, Jalur Tikus Disekat Pemudik Sulit Mudik

oleh -109 views
Cegah Pemudik, Polri Sekat 333 titik dari lampung hingga bali. (Foto : Instagram @Lawancovid19_id).

JOGLOSEMAR-Bagi yang mau mudik Lebaran tahun ini, sebaiknya urungkan saja niatan itu. Pasalnya, polisi akan menyekat semua jalur mudik hingga ke jalan kampung.

Lawancovid19_id mengungkapkan, Polri membangun 333 titik penyekatan dari Lampung sampai Bali guna mendukung larangan mudik pada 6-17 Mei 2021. Selain itu, jalur alternatifnya juga dijaga ketat.

“Operasi Ketupat 2021 akan mengambil tindakan persuasif dan humanis agar pelaku perjalanan putar balik dan tidak jadi mudik,” ujar lawancovid19_id.

Willylimy mendukung tindakan tegas dari Polri bagi pengendara yang nekat mudik pada libur Lebaran tahun ini. “Semoga operasi ketupat berjalan lancar,” katanya.

“Mudik tahun ini sudah dilarang. Korlantas Polri sudah siapin skema penyekatan di 333 titik jalur mudik, di jalan tol dan jalan tikus. Nah Lho, mau lewat mana dah?,” ujar gc_jefry.

888hnf_hdy999 mengatakan, akan lebih baik lagi jika ada pemeriksaan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Soalnya, paling gampang, penyekatannya di seluruh SPBU di Pulau Jawa.

“Kalau mau ngisi BBM kan langsung ketauan kalo mau mudik,” ungkapnya. Menurut kianinara3, apa yang dilakukan pemerintah dan Polri untuk kebaikan masyarakat. Larangan mudik Lebaran untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

Segomegono77 meminta penyekatan berlangsung 24 jam. Soalnya, kata dia, penyekatan biasanya hanya dari jam 8 sampai 10.30 pagi. “Setelah itu lanjut malam, tapi biasanya kerjanya cuma pagi saja,” tuturnya.

Menurut metalomania, akan lebih baik jika penyekatan dilakukan mulai dari sekarang. Dia bilang, para pekerja yang WFH (Work From Home) dan pedagang, rata-rata sudah mulai mudik dari sekarang.

“333 titik sekat di 34 provinsi. Artinya, satu provinsi di sekat-sekat hampir 10 titik. Ide bagus nih. Kita di karantina. Ikan bawal ikan gabus, lebih awal lebih bagus,” kata HD_Friza.

Hermantwitt meragukan penyekatan bisa efektif menekan pengendara yang ingin mudik. Apalagi, penyekatan tidak mencakup seluruh daerah. “Masa seluruh Indonesia cuma 333 titik? Yang bener aja pak,” ujarnya.

Menurut EstuTriyono, Polri cuma menyekat 333 titik jalur mudik dari Lampung hingga Bali. Dengan jumlah tersebut, berarti yang tidak boleh mudik cuma orang yang tinggal di Jawa saja.

“Orang yang tinggal di luar Jawa mau mudik, pulang kampung, rekreasi semua boleh gitu ya,” ujar EstuTriyono.  (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.