6 Arwah Jadi Tersangka, Warganet: Penyidik Berani Tidak Memanggil Tersangka yang sudah di Alam Kubur

oleh -188 views
Tangkapan layar YouTube Refly Harun

JOGLOSEMAR-Pakar hukum tata negara Refly Harun merasa bingung dengan penetapan tersangka terhadap enam laskar FPI yang tewas. Untuk memastikan apakah terdapat hal serupa ia menanyakannya langsung kepada ahli hukum pidana.

“Agak membingungkan. Saya sempat telfon ahli hukum pidana. Saya tanya kira-kira pernah tidak ada sebuah preseden, mayat atau jenazah dijadikan tersangka. Dia bilang sependek pengetahuan saya tidak pernah,” kata Refly dalam video di channel miliknya yang berjudul “6 Arwah jadi tersangka”, Kamis, (4/3).

Sepengetahuan Refly, orang yang ditetapkan sebagai tersangka namun telah meninggal maka kasusnya dihentikan. Ia memberi contoh, seperti kasus dugaan ujaran kebencian yang dilakukan oleh Soni Eranata alias Ustaz Maaher At Thuwailibi.

“Kasus pidana dan perdata beda. Perdata kalau meninggal bisa dialihkan pihak lain yang berhubungan. Kalau pidana individual responsibility. Gak lazim,” ujar Refly.

Bareskrim Polri menetapkan 6 anggota laskar FPI yang tewas dalam baku tembak dengan polisi di Tol Jakarta–Cikampek sebagai tersangka. Mereka dianggap telah melakukan penyerangan kepada aparat saat hendak ditangkap.

Direktur Tindak Pidana Umum (Dir Tipidum) Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian menjelaskan, usai keenam almarhum laskar FPI itu ditetapkan sebagai tersangka, pihaknya melakukan gelar perkara bersama Jaksa untuk diuji dan diteliti.

 ’’Kan itu juga harus diuji, makannya kami ada kirim ke jaksa biar jaksa teliti,’’ jelasnya.

Keenam orang tersebut dikenakan Pasal 170 KUHP tentang kekerasan terhadap orang lain. Pasal itu dikenakan, karena mereka melawan, bahkan melepaskan tembakan kepada anggota Polri, saat hendak ditangkap.

Sementara, amatan joglosemar.radarcirebon.com di media sosial, penetapan tersangka terhadap enam laskar FPI yang tewas, ditanggapi warganet.

“Wong edan kabeh..kang nonton pada-pada edan.. 😄Wis ng kuburan jadi tersangka… Skrg kita tunggu penyidik berani tidak memanggil tersangka yang sudah d alam kubur, ” tulis salah satu akun facebook Syah. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *