Bahaya, Ada Varian Baru asal Brasil Terdeteksi di Amazon Telah Menyebar ke 20 Negara

oleh -162 views
Ilustrasi: Pixbay

JOGLOSEMAR-Sederet varian baru virus corona bermunculan di dunia. Salah satunya varian baru corona dari Brasil yang dianggap lebih berbahaya. Bahkan dapat bikin vaksin tak efektif.

Baca: Perang Lawan Virus Belum Selesai, Temuan Infeksi Varian COVID-19 Asal Afrika Selatan Lebih Cepat Menyebar

Varian baru virus corona dari Brasil yang disebut varian P.1 telah menyebar ke 20 negara sejak pertama kali dideteksi di Manaus, Amazon, Brasil, pada November 2020.

Manaus dilanda gelombang pertama pandemi Covid-19 pada April dan Mei 2020.

Para ilmuwan mengingatkan bahwa varian baru virus ini dapat menjangkiti kembali orang-orang yang telah pulih dari Covid-19.

Penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Inggris dan Brazil ini menunjukkan varian itu 1,4 hingga 2,4 kali lebih mudah menular daripada versi asli virus corona.

Menurut para ilmuwan, hingga Oktober, hampir 80 persen pasien virus corona yang telah sembuh seharusnya telah mengembangkan antibodi yang dapat membuat mereka imun dari virus itu.

Ternyata, dalam penelitian itu terungkap terdapat 25-61 persen pasien yang pulih dari Covid-19 dapat kembali terinfeksi oleh varian P.1.

Meski temuan ini belum mendapat kajian sejawat, para ilmuwan khawatir varian-varian baru virus corona yang lebih mudah menular dapat resisten terhadap vaksin yang kini beredar di seluruh dunia.

Namun pakar virus dari Imperial College London, Inggris, Nuno Faria, yang menjadi pemimpin bersama penelitian itu, mengatakan terlalu dini untuk menentukan apakah situasi di Brazil dengan varian P.1 juga akan terjadi di tempat lain. (VOA Indonesia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *