Forpi Jogja Temukan Wisatawan Tidak Patuh Prokes di Kawasan Pal Putih Tugu

oleh -17 views
Foto: radarjogja

YOGYAKARTA-Forum Pemantau Independen (Forpi) Jogja melakukan pemantauan terkait dengan kepatuhan protokol kesehatan (prokes) warga termasuk wisatawan di kawasan pal putih Tugu Sabtu (19/12) malam. Hasilnya, ditemukan banyak masyarakat di kawasan Tugu tidak patuh terhadap prokes.

Dilansir dari radarjogja, Baharuddin Kamba, anggota Forpi Jogja Bidang Pemantauan dan Investigasi menyebut pelanggaran prokes seperti mulai yang abai tak memakai masker hingga berkerumun pada sebuah warung kopi yang berada di barat Tugu selatan jalan. “Saat ini angka positif Covid-19 di Jogja masih terbilang cukup tinggi. Bahkan para abdi negara di lingkungan balaikota Jogja tak luput dari penularan virus Corona ini,” ujarnya, Minggu (20/12).

Kamba menambahkan, Forpi  Jogja tidak melihat satu pun petugas Satuan Polisi  Pamong Praja atau Sat Pol PP Jogja termasuk Linmas yang biasanya berjaga di kawasan Tugu Jogja. “Padahal, weekend seperti malam minggu dipastikan ramai pengunjung didukung dengan cuaca yang cerah,” katanya.

“Yang nampak hanya sejumlah petugas dari Polresta Jogja,” tambahnya.

Untuk itu, Kamba melalui Forpi Jogja meminta kepada Pemerintah  Jogja dalam hal ini Satpol PP Jogja bersama intansi terkait melakukan razia secara rutin terhadap pelanggar prokes, termasuk warung makan maupun toko modern berjejaring yang melanggar aturan. “Jika tetap ngeyel dengan melanggar aturan untuk kesekian kalinya, maka tindakan tegas berupa penutupan harus dilakukan tanpa pandang bulu,” ujarnya.

Kamba menyebut razia rutin penting dilakukan guna menjaga marwah sekaligus integritas Satpol Jogja sebagai penegak aturan. “Temuan Forpi Jogja ini sudah disampaikan kepada Wakil Wali Jogja Heroe Poerwadi yang juga menjabat sebagai Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19  Jogja dan Komandan Sat Pol PP Jogja Agus Winarto,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *