Inilah Alasan Jarum Jam di Toko Selalu Menunjukkan Pukul 10.10

oleh -42 views

JOGLOSEMAR-Jika Anda pecinta jam dan pernah bertanya tentang, “mengapa jam, arloji, dll. selalu menunjukkan waktu 10:10 jika berada di toko?”. Kini pertanyaan itu punya jawaban.

Ada beberapa alasan, dan yang paling marak adalah, hal tersebut untuk mengenang Abraham Lincoln/ John F. Kennedy/Martin Luther King Jr. yang ditembak atau mati pada pukul 10:10.

Nyatanya, itu adalah mitos. Lincoln sendiri ditembak pada pukul 22:15, dan meninggal keesokan harinya pada pukul 7:22 pagi, JFK ditembak pada pukul 12:30 CST dan dinyatakan meninggal pada pukul 13:00 dan MLK ditembak pada pukul 18:01 dan dinyatakan meninggal pada pukul 19:05

Baca juga:

Teori lain mengatakan bahwa 10:10 adalah waktu bom atom dijatuhkan di Nagasaki atau Hiroshima, dan latarnya dibuat untuk mengenang korban jiwa. Faktanya, Bom Fat Man dijatuhkan pertama kali pada pukul 11:02 waktu setempat dan Little Boy pada pukul 8:15 waktu setempat.

Lalu apa dong alasan logisnya? Sederhana: Estetika. Posisi 10:10 memberi jam atau arloji sejumlah manfaat:

  1. Pembeli secara tidak langsung jadi nyaman melihat jam, apalagi jika dipakai di tangannya. Coba saja kalau tidak percaya. Hal ini pun merangsang pembeli untuk memilih produk dengan lekas.
  2. Logo pabrikan biasanya berada di tengah-tengah, di bawah angka 12. Jika 10:10, logo tidak hanya terlihat, tetapi dibingkai dengan indah oleh tangan.
  3. Tidak menghalangi elemen tambahan pada permukaan jam yang biasanya ditempatkan di dekat 3, 6, atau 9.

Sampai di situ? Tidak. Menurut orang-orang di Timex (yang menetapkan produk mereka tepat pada 10:09:36), pihaknya malah menetapkan setelan standar pada pukul 8:20, tetapi hal tersebut malah membuat wajah jam tangan bak orang cemberut. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.