Jozeph Paul Zhang Alumni UKSW Salatiga, Begini Kata Rektor Neil Semuel Rupidara

oleh -59 views
Jozeph Paul Zhang

JOGLOSEMAR-Jozeph Paul Zhang yang berstatus sebagai tersangka dugaan ujaran kebencian dan penodaan agama diketahui pernah menetap dan berkuliah di Salatiga, Jawa Tengah.

Rektor Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Neil Semuel Rupidara membenarkan bahwa Jozeph merupakan alumni kampus tersebut. Dia lulus strata satu tahun 1996.

Baca: Jozeph Paul Zhang alias Shindy Paul Soerjomoeljono Masih Berstatus WNI

“Jozeph atau Shindy Paul Soerjomoeljono adalah alumni UKSW. Ia lulus dari Fakultas Pertanian tahun 1996. Sempat melanjutkan pendidikan S2 Magister Manajemen, tetapi tidak selesai,”ujar Rektor UKSW, Neil Semuel Rupidara, melalui keterangannya, Rabu (21/4/2021).

Menurutnya tindakan Jozeph itu merupakan pandangan pribadi, bukan mencerminkan sebagai alummi UKSW. Karenanya pihak kampus sangat menyesalkan pernyataannya itu.

“Kami sesalkan itu dilakukan Jozeph sebagai alumni UKSW. UKSW adalah lembaga yang menjunjung tinggi kebebasan berpikir dan berekspresi. Kami menilai tindakannya menyampaikan pandangan pribadi,” imbuhnya.

Baca: Jadi Buronan Polisi, Jozeph Paul Zhang: Kalian Masuk ‘Jebakan Batman’

Neil menyebut sikap pribadi Jozeph tidak mempresentasikan dengan wawasan UKSW. Mengingat sejak awal UKSW merupakan kampus yang mengembangkan ciri keberagaman.

“UKSW adalah kampus Indonesia Mini. Dalam setting komunitas yang seperti itu, kami mendidik mahasiswa untuk dapat berpikir dan bersikap peka dan toleran terhadap keragaman latar belakang,” ujar Neil.

Dia menambahkan mahasiswa UKSW tidak dididik mengekspresikan pandangannya dengan cara-cara yang dapat melukai orang lain. Dalam interaksi formal, non formal, maupun informal di setiap kegiatan.

“Mahasiswa UKSW dikondisikan untuk menyadari dan mengakui akan realitas itu,” cetus Neil.

Sebelumnya sebuah video viral yang berisi pernyataan seorang pria mengaku nabi ke-26 bernama Jozeph Paul Zhang beredar ke media sosial.

Pria tersebut membuka forum diskusi zoom bertajuk “Puasa Lalim Islam”. Ia juga menantang siapa saja yang berani melaporkan dirinya ke kepolisian terkait dengan penistaan agama dengan mengaku sebagai nabi ke-26.

Polri telah menetapkan Jozeph Paul Zhang alias sebagai tersangka kasus penodaan agama. Kasus penistaan agama Joseph Paul Zhang saat ini tengah diusut Bareksim Polri. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.