Kapal Tanker Tampak Terbang Melayang di Lepas Pantai

oleh -16.662 views
Penampakan kapal melayang di laut Skotlandia Foto: Facebook Colin McCallum

JOGLOSEMAR-Seorang pria bernama Colin McCallum mengunggah penampakan sebuah kapal tanker yang tampak terbang melayang di lepas pantai Banff, Aberdeenshire, Skotlandia.

Lalu, apakah kapal ini memang benar-benar melayang? Faktanya, foto ini menangkap ilusi optik yang membuat kapal seolah melayang.

Kala itu, cuaca di lokasi sangat cerah dengan langit berwarna biru yang sama dengan warna air laut. Kesamaan warna ini membuat mata manusia tidak bisa mendeteksi batas warna air laut dan langit.

Hasil ilusi optik ditambah dengan bagian air yang semakin berwarna gelap saat semakin dekat ke pantai gara-gara bayangan awan. Hal ini membuat otak mengira bahwa itulah batas warna air laut.

“Hal itu disebabkan oleh formasi awan yang lebih dekat ke pantai yang mengubah warna air yang lebih dekat ke daratan. Sementara karena perahu lebih jauh, berada di daerah tak berawan langit memantulkan laut, membuat perahu tampak seperti mengambang,” kata Collin kepada Daily Mail dikutip joglosemar.radarcirebon.com, Sabtu (6/3)

Alhasil, mata hanya menangkap kapal yang tampak kurus sedang melayang, padahal bagian bawahnya terendam air laut yang warnanya sama dengan warna langit.

“Ketika saya pertama kali melihat kapal itu, saya harus melakukan pengambilan berulang-ulang karena saya benar-benar mengira benda itu terbang. Namun, setelah diperhatikan lebih lanjut, itu sebenarnya hanya ilusi optik yang luar biasa.” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *