Kasus Virus Covid-19 di Kulon Progo Meningkat, 36 Tenaga Kesehatan Terpapar Virus Corona

oleh -40 views
Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo, Baning Rahayujati

JOGLOSEMAR-Kasus Virus Covid-19 di Kulon Progo semakin meningkat. Selain masyarakat, sebanyak 36 tenaga kesehatan di Kulon Progo, juga terpapar virus tersebut. 

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo, Baning Rahayujati mengatakan, meningkatnya kasus di masyarakat, berdampak pada peningkatan resiko tenaga kesehatan terpapar virus Covid. Dari 36 tenaga kesehatan yang terpapar, terdiri empat karyawan Puskesmas Samigaluh 1, sembilan karyawan Puskesmas Sentolo 1, delapan dari Puskesmas Sentolo 2, dan selebihnya di beberapa rumah sakit. 

Atas kejadian ini, maka kemudian diambil langkah untuk memutus penularan yang berpotensi cepat meluas seperti menutup sebagian layanan. Di Puskesmas Samigaluh I, fasilitas rawat inap ditutup hingga 7 Januari 2021, namun tetap membuka layanan bagi pasien rawat jalan. Hal yang sama juga dilakukan di Puskesmas Sentolo I yang ditutup sampai tanggal 4 Januari 2021.

Sementara di Puskesmas Sentolo I, diketahui hanya membuka layanan gawat darurat. Di Puskesmas Sentolo 2, semua layanan ditutup hingga Senin atau Selasa pada minggu depan. 

“Penutupan sementara beberapa layanan dilakukan hingga sterilisasi, menanti hasil swab dan penyelidikan epidemiologi pada semua kontak erat selesai dilaksanakan,” ucap Baning, di Kulon Progo (2/02021).

Sementara pada Sabtu 2 Januari 2021, ada penambahan sejumlah 9 kasus. Sehingga total kasus terkonfirmasi mencapai 1074, dengan 23 isolasi rumah sakit, 328 isolasi mandiri, 187 selesai isolasi, 518 sembuh dan 18 Meninggal dunia. Atas penambahan ini masyarakat dihimbau tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan

“Harapannya masyarakat tetap patuh pada protokol kesehatan, isolasi mandiri yang baik, meningkatkan daya tahan tubuh dan gembira. Hal ini karena semua RS rujukan masih penuh,” kata Baning. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.